Nisa Ihsaniwati, 125060184 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (23kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (394kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (24kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukarame dan dilatar belakangi kegiatan pembelajaran IPS yang dilakukan kurang bermakna bagi siswa sehingga siswa mudah lupa materi yang telah disampaikan oleh guru serta penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya penggunaan media menyebbabkan anak kurang termotivasi terhadap pembelajaran IPS. Pada akhirnya hasil pembelajaran IPS masih tergolong rendah dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran problem based learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerja kelompok dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian motivasi dan hasil tes belajar. Pada penilaian motivasi nilai rata-rata siklus 1 yaitu 73 sedangkan siklus II mncapai nilai rata-rata 82. Hasil belajar siklus 1 pada pretes nilai rata-rata yaitu 57 sedangkan post tes nilai rata-ratanya 67, dan hasil belajar siklus II pada pretes nilai rata-ratanya 66 sedangkan pada post tes nilai rata-ratanya 75. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pokok bahasan masalah sosial di kelas IV SDN Sukarame. Kata kunci: problem based learning, motivasi, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Sep 2016 13:54 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 13:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9784 |
Actions (login required)
View Item |