Elfa Elistiani, 125060128 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATERI MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN SETEMPAT PADA SISWA KELAS IV SDN NENGKELAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (60kB) |
|
Text
Abstraak.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB 1.docx Download (18kB) |
|
Text
BAB 1 hlm. 2.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB II awal jadi.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB II JADI.docx Download (254kB) |
|
Text
BAB III AWAL.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
BAB III ELFA.docx Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
BAB IV awal ELFA.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
BAB IV ELFA JADI.docx Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
Text
BAB V AWAL JADI.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penerapan model inkuiri terbimbing yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Nengkelan Desa Nengkelan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung pada pembelajaran Ips materi masalah sosial. Yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan model pembelajaran klasikal dimana proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru (teacher centered) tanpa melibatkan siswa sehingga motivasi dan kemampuan untuk mengembangkan intelektual dan berpikir siswa belum tercapai. Model Inkuiri Terbimbing berguna untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, yang rancangan metode penelitiannya mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart (Arikunto, 2008: 105). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, secara keseluruhan telah menunjukan adanya peningkatan dari data awal proses pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh nilai 3,1, dan siklus II 3,5. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh 3,1, dan siklus II 3,3. Adapun nilai hasil sikap kerjasama memperoleh presentase siklus I 53%, dan siklus II 83%. Untuk hasil belajar yang terdiri dari hasil afektif, kognitif dan psikomotor memperoleh presentase siklus I 61. %, dan siklus II 85%. Data hasil kelompok memperoleh presentase siklus I 62%, dan siklus II 87%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Nengkelan Desa Nengkelan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung pada pembelajaran IPS. Kata Kunci : Model Inkuiri Terbimbing, Kerjasama dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 14:36 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 14:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9688 |
Actions (login required)
View Item |