DEWI NURHAENI, 105060026 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DAN SIKAP MANDIRI PESERTA DIDIK KELAS V SDN CICAYUR I PADA SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (56kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (36kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (230kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (24kB) |
Abstract
Menulis adalah kegiatan sekaligus keterampilan yang terintegrasi, bahkan menulis selalu ada dalam setiap pembelajaran, sama halnya dengan membaca. Memiliki kemampuan menulis yang baik bukan karena harus menjadi penulis, tetapi karena kita wajib terampil dalam berkomunikasi dengan bahasa lisan dan tulisan. Salah satu alasan penulis mengambil keterampilan menulis untuk diteliti karena mempunyai kelebihan dibandingkan dengan keterampilan lainya. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan yaitu masih banyaknya peserta didik kelas V SDN Cicayur I yang belum terampil dalam menulis dan belum mandiri dalam belajar. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis dan sikap mandiri peserta didik adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan keterampilan menulis dan sikap mandiri peserta didik pada subtema macam-macam peristiwa dalam kehidupan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah: pada siklus I menggambar ilustrasi dan membuat proyek “JEJAK AIR”. Siklus II melengkapi penggalan cerita dan membuat proyek POSTER. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal dimana pada siklus I nilai evaluasi produk sebanyak 12 siswa atau 41%, kemudian pada siklus II nilai evaluasi produk sebanyak 29 siswa atau 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek maka aktivitas peserta didik ikut meningkat. Dari hasil kesimpulan di atas peneliti dapat merekomendasikan bahwa model pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan keterampilan menulis dan sikap mandiri peserta didik, sehingga kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Keterampilan Menulis dan Sikap Mandiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 14:03 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 14:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9684 |
Actions (login required)
View Item |