Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Dampaknya Terhadap Kecemasan Belajar Siswa dalam Matematika

Puspa Indah, NPM. 138060004 (2015) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Dampaknya Terhadap Kecemasan Belajar Siswa dalam Matematika. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (60kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan mengatasi kecemasan matematis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran matematika di SMP Plus Muthahhari kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan desain yang melibatkan dua kelompok dengan pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Plus Muthahhari kabupaten Bandung. Sampel yang dipilih dua kelas yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kontrol, kedua kelas itu memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sama. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak. Skor yang diperoleh dari hasil tes siswa sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dianalisis menggunakan uji kesamaan rata-rata dengan siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan pembelajaran ekspositori. Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis dantingkat kecemasan matematis siswa setelah diberi perlakuan. Dari hasil perhitungan secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran PBL lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran ekspositori. Sedangkan tingkat kecemasan matematis siswa kategori asor lebih rendah daripada kategori unggul. Kata kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecemasan Matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 29 Aug 2016 15:52
Last Modified: 29 Aug 2016 15:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9580

Actions (login required)

View Item View Item