PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs

ANA SETIANI, NPM. 128612050 (2014) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.rtf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (264kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (229kB)

Abstract

Tingginya tingkat kecemasan matematika dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs Atta’Zhimiyah Bandung merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk dapat menciptakan dan menerapkan suatu pendekatan dalam pembelajaran. Penelitian ini meruapakan studi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup desigh, yang bertujuan untuk melakukan studi yang berfokus pada pengaruh model pembelajaran yang diduga dapat mengurangi kecemasan matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Atta’Zhimiyah Bandung dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis serta angket kecemasan matematika dengan skala likert. Analisis data menggunakan metode Mixed Method Embedded Konkuren. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan Problem Based Learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori.(2) Terdapat peningatan kualitas kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan Problem Based Learning lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran ekspositori. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan matematika dan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan Problem Based Learning (PBL) dan siswa dengan pembelajaran ekspositori, (4) Terdapat perbedaan yang signifikan penurunan kecemasan matematika dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dam siswa dengan pembelajaran ekspositori, dan (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan matematika dengan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: kecemasan matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Aug 2016 18:59
Last Modified: 25 Aug 2016 18:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9552

Actions (login required)

View Item View Item