PENGARUH PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAKNYA PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA

HASANAH, NPM : 128612036 (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP MOTIVASI DAN DAMPAKNYA PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (92kB)

Abstract

Motivasi belajar yaitu suatu kekuatan dalam diri individu untuk bergerak ke arah tujuan tertentu,baik disadari maupun tidak disadari.Sebagian besar siswa tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan sebagaimana pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.Salah satu akibat dari proses pembelajaran yang kurang memperhatikan kemampuan matematis yang dimiliki siswa salah satunya yaitu kemampuan koneksi matematis.Untuk itu salah satu pendekatan yang dapat menopang peserta didik,memotivasi belajar siswa dan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis adalah pembelajaran Mind Mapping.Ciri khas dari model pembelajaran ini adalah adanya,mengaktifkan seluruh otak,membantu menunjukkan hubungan antara bagian-bagian informasi yang saling terpisah,memberi gambaran yang jelas pada keseluruhan dan perincian dan memungkinkan kita mengelompokkan konsep. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pengambilan sampel siswa kelas VIII D dan kelas VIII E di SMP N 3 Plered-Cirebon.Dari hasil pretes dan postes terhadap kemampuan koneksi matematis siswa didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang mempergunakan pembelajaran Mind Mapping lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil uji perbedaan rata-rata disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran Mind Mapping dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran Mind Mapping, Motivasi belajar, kemampuan koneksi matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2014
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Aug 2016 14:30
Last Modified: 23 Aug 2016 14:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9495

Actions (login required)

View Item View Item