PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

MIMIH SUKMAYANTI, NPM. 138060012 (2015) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.rtf

Download (58kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-new.rtf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.rtf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menbandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Penelitian didasarkan pada kenyataan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis belum dapat dicapai dengan baik oleh siswa-siswa di SMAN 1 Pagaden. Metode penleitian yang digunakan adalah metode campuran (Mixed Method) dengan Concurent Embedded Eksperimental Model dengan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah SMA kelas XI MIPA4 dan kelas XI MIPA5 di SMA Negeri 1 Pagaden Subang. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Tes kemampuan pemecahan masalah Matematis, Angket motivasi belajar, Pedoman wawancara dan Lembar Observasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) Motivasi belajar siswa melalui pembelajaran Problem Based Learning lebih baik; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori; (4) Motivasi belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran ekspositori; (5) Terdapat korelasi antara motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (6) Akivitas siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik. Secara keseluruhan pembelajaran yang menggunakan model Problem Based Learning dapat dijadikan alternatif pembelajaran matematika guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2015
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:43
Last Modified: 22 Aug 2016 15:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9476

Actions (login required)

View Item View Item