PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI TURUNAN FUNGSI

IKA MEIKA, NPM. 118612047 (2013) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF PADA MATERI TURUNAN FUNGSI. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (16kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (55kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian mix method dengan strategi embedded konkuren dengan tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) Bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematika siswa unggul dan siswa asor; (2) Bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa unggul dan siswa asor; (3) Apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konflik kognitif lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berdasarkan kemampuan prasyarat siswa (unggul dan asor); (4) Apakah kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran konflik kognitif lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berdasarkan kemampuan prasyarat siswa (unggul dan asor); (5) Bagaimana korelasi pemahaman konsep dengan berpikir kreatif matematis. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN CMBBS Banten, dengan sampel kelas XI IPA sebanyak dua kelas. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes matematika berbentuk pilihan ganda beralasan dan uraian, lembar observasi kegiatan siswa dan guru juga wawancara tentang pembelajaran. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil pretes, postes dan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa unggul dan siswa asor sebelum pembelajaran tidak berbeda; (2) kemampuan berpikir kreatif siswa unggul dan siswa asor sebelum pembelajaran tidak berbeda; (3) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar dengan pembelajaran konflik kognitif lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berdasarkan kemampuan prasyarat siswa (unggul dan asor); (4) kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran konflik kognitif lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berdasarkan kemampuan prasyarat siswa (unggul); (5) terdapat korelasi positif antara pemahaman konsep dengan berpikir kreatif matematis pada kelas yang belajar dengan pembelajaran konflik kognitif. Kata Kunci: Pembelajaran Konflik Kognitif, Pemahaman Konsep Matematika, Berpikir Kreatif Matematis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Aug 2016 15:11
Last Modified: 22 Aug 2016 15:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item View Item