Lia Kamelia, 115060210 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover.docx Download (50kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
Abstrak.docx Download (22kB) |
|
Text
kata pengantar.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (49kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (80kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (23kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Talun 03 Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah 45 orang. Penelitian ini didasari oleh kurangnya rasa ingin tahu dan hasil belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan sebelumnya bahwa proses pembelajaran yang terjadi di kelas tidak banyak melibatkan siswa sehingga rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu adanya faktor lain yaitu kurangnya kemampuan profesional guru, misalnya kurang memperhatikan kebutuhan siswa dan penggunaan media, faktor mengajar guru yang monoton, dan kurangnya guru dalam mengasah siswa untuk berani bertanya, sehingga pembelajaran sangat membosankan dan tidak termotivasi untuk belajar. Penelitian bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL). Alur yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus atau tindakan, setiap tindakan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga diperoleh hasil yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan rasa ingin tahu secara keseluruhan yaitu pada siklus I 81,55%, dan pada siklus II 99.9%. Sedangkan untuk hasil tes pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 71%, dan pada siklus II 87%. Selain itu untuk penilaian RPP diperoleh data yang menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I 86%, siklus II 95%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu siklus I 88%, siklus II 96%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS pada materi membaca dan menggambar peta di lingkungan sekitar dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa. Dan berdasarkan hasil persentase diatas penelitian ini direkomendasikan sebagai salah satu bentuk inovasi pembelajaran sebagai salah satu cara mengatasi masalah-masalah pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar. Kata kunci: model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), rasa ingin tahu, hasil belajar, pembelajaran IPS pada materi membaca dan mengambar peta di lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Aug 2016 15:55 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 15:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9443 |
Actions (login required)
View Item |