PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW

RESTI SEPTIANI, 115060011 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
HARD COVER SKRIPSI RESTI.docx

Download (42kB)
[img] Text
Abstrak,lembar pengesahan,kata pengantar,ucapan terima kasih, daftar isi,daftar lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (861kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk memperbaiki aktivitas dan prestasi belajar siswa SD kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Kebon gedang 2 Kecamatan Batununggal Kota Bandung dan peneliti menemukan fakta yang menggambarkan prestasi belajar siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan belajar. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam II Siklus PTK yang tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam setiap pembelajaran, peneliti menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw yang terdiri dari pembetukan kelompok asal, kemudian dibentuk kelompok ahli untuk mendiskusikan materi yang akan dibahas yaitu materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya seperti Bahasa daerah, Adat Istiadatnya, Bentuk Rumah Adat, Kesenian Daerah, Pakaian Adat, Senjata Tradisional, Makanan Khas Daerah, dan Lagu-lagu Daerah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini selama penelitian berlangsung. Instrumen yang disusun peneliti berupa Silabus, RPP, LKS, lembar observasi, pedomanan wawancara, lembar evaluasi. Hasil penelitian Aktivitas belajar siswa pada siklus I, interaksi 39,13%,keaktifan 39,13% kerjasama 39,13% pada siklus II interaksi 91,30% keaktifan 91,30% kerjasama 91,30%. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I, siswa memperoleh rata-rata nilai 72,39% pada siklus II, siswa memperoleh rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 89%,. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dapat meningkat setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Jigsaw. Kata Kunci :Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Aktivitas, dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Aug 2016 15:46
Last Modified: 16 Aug 2016 15:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9441

Actions (login required)

View Item View Item