PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR

MUHAMAD AFIF NURUDDIN, 115060191 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (35kB)
[img] Text
Abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
BAB I (bimbingan skripsi).docx

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (58kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV fix.docx
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (16kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)

Abstract

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan tanggung jawab dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang KD Membandingkan Kenampakan Alam Dan Keadaan Sosial Negara-Negara Tetangga dengan menggunakan model Cooperative jigsaw di kelas VI Sekolah Dasar Negeri Campedak Depok yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian deskriptif, bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas, sifat penelitian adalah kolaboratif, subjek penelitian guru sebagai peneliti, siswa yang berjumlah 30 orang. Data skor yang dikumpulkan data skor kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran,data skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, data nilai hasil belajar siswa. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah teknik observasi langsung, lembar observasi dan alat pengumpul data pada observasi langsung adalah tes tertulis pretest dan postes. Hasil penelitian skor kemampuan guru merencakan pembelajaran pada siklus I adalah 86,5, sedangkan pada siklus II adalah 87,5. Skor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I adalah 79,55 sedangkan pada siklus II adalah 82,88.Nilai tanggung jawab siswa pada siklus I adalah 2,72 sedangkan pada siklus 2 menjadi 2,92 Nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I adalah 60% sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II adalah 90%. Dapat disimpulkan bahwa mata pelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative jigsaw dapat meningkatkan tanggung jawab dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Campedak Depok. Kata kunci: Tanggung jawab dan Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Cooperative jigsaw ,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 16 Aug 2016 14:52
Last Modified: 16 Aug 2016 14:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9402

Actions (login required)

View Item View Item