RATIH RAHMAWATI, 115060249 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI WAWANCARA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
bab 1 pendahuluan.docx Download (65kB) |
|
Text
bab 2 kajian teori.docx Download (48kB) |
|
Text
bab 3 metode penelitian.docx Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
bab 4 hasil penelitian.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab5 kesimpulan.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Penggunaan Model Pembelajaran Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Wawancara”, dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam berbicara dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan oleh guru dikelas. Keterampilan berbicara menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta santun sulit diaplikasikan didalam kelas khususnya pada pelajaran bahasa Indonesia materi wawancara yang dikarenakan keterbiasaan siswa dan guru menggunakan bahasa daerah khususnya bahasa Sunda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran (role playing) dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi wawancara, sebagai upaya perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Model penelitian yang dilaksanakan yaitu dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diadaptasi dari model Kemmis-Taggrat, Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam mempersiapkan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar dalam mengaplikasikan pelajaran bahasa Indonesia pada materi wawancara. Penelitian ini mencakup hasil kemampuan guru dalam membuat RPP, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran bermain peran mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I mencapai nilai 51,04% dan siklus II mencapai nilai 88,75 % dengan kenaikan sebesar 37,71%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah setelah mengikuti dua siklus, terdapat perubahan peningkatan secara signifikan terhadap pembelajaran pada materi wawancara dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui model pembelajaran bermain peran. Dari hasil data tersebut dapat dinyatakan berhasil dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa karena telah melampaui batas ketuntasan yaitu 85%. Kata kunci: keterampilan berbicara dan hasil belajar, model pembelajaran bermain peran, wawancara
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 19:40 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 19:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9297 |
Actions (login required)
View Item |