NUCKY ANIZAR PUTRI, 095060178 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP TENTANG KENAMPAKAN DAN PERISTIWA ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS 1V SDN CIMEGA KABUPATEN BANDUNG BARAT. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (69kB) |
|
Text
lembar pengesahan.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
Kata Pengantar & Daftar Isi.docx Download (41kB) |
|
Text
Bab 1.docx Download (34kB) |
|
Text
Bab 2.docx Download (67kB) |
|
Text
Bab 3.docx Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
Bab 4.docx Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
Abstract
Penelitian dengan judul "Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Tentang Kenampakan dan Peristiwa Alam dengan Menggunakan Metode Problem Solving pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN Cimega Kabupaten Bandung Barat". dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada dilapangan yaitu pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPS yang masih tergolong rendah dan nilai harian pada pembelajaran IPS yang belum memenuhi KKM yang ditetapkan karena metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode secara konvensional atau metode ceramah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rencana pelaksanaan pembelajaran, implementasi pembelajaran menggunakan metode problem solving, dan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPS materi kenampakan dan peristiwa alam di kelas IV SDN Cimega. Desain penelitian ini menggunakan model PTK yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diolah dengan cara dideskripsikan, sedangkan data kuantitatif diolah melalui proses penghitungan sesuai pedoman penskoran yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I peserta didik berhasil meraih persentase ketuntasan sebesar 47,5%. Pada tindakan siklus II yang merupakan perbaikan dari basil postest pada siklus I mengalami peningkatan persentase ketuntasan sebesar 72,5%. Pada tindakan siklus III yang merupakan perbaikan dari hasil postest pada sildus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sebesar 90%. Hal itu dikarenakan pada metode pembelajaran problem solving menggunakan pendekatan belajar siswa aktif, yang dapat merangsang meningkatnya kualitas pemahaman konsep. Siswa yang terlibat secara aktif dalam pembelajaran memiliki retensi yang lebih baik dan lebih mampu mengembangkan kemampuan diri dalam memecahkan masalah dibandingkan siswa yang belajar melalui ceramah. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode pembelajaran problem solving dapat meningkatkan pemahaman konsep IPS tentang kenampakan dan peristiwa alam di kelas IV. Dengan demikian penggunaan metode pembelajaran problem solving dapat dijadikan sebagai salah satu altematif metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Meningkatkan Pemahaman Konsep, Kenampakan dan Peristiwa Alam.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 14:48 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 14:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/9063 |
Actions (login required)
View Item |