Wianti Ariesandi, 115060071 (2016) UPAYA MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH-MASALAH SOSIAL DILINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover skripsi.docx Download (67kB) |
|
Text
MOTTO DAN ERSEMBAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (18kB) |
|
Text
ABSTRAK sunda.docx Download (18kB) |
|
Text
ABSTRAK inggris.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
BAB I wianti (115060071).docx Download (32kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA revisi.docx Download (20kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
Abstract
Penelitian Penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat di kelas IV SDN Gumuruh 7/9 dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian, terdapat beberapa masalah pada proses pembelajaran IPS pada materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat, diantaranya yaitu dalam proses pembelajaran, kurangnya kerja sama siswa jika pembelajaran dibuat ke dalam kelompok, tugas yang diberikan guru hanya dikerjakan sebagian siswa, kemudian pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, akibatnya hasil belajar siswa menurun. Hal ini dibuktikan oleh hasil Pretes siswa pada siklus I dengan ketuntasan 20,8% dan siklus II dengan ketuntasan 41,65%. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan dalam meningkatkan hasil belajar, yaitu dengan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, istrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar observasi, wawancara, angket dan lembar test. Perencanaan dengan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) ini menekankan pada interaksi siswa dalam kelompok. Hasil penelitian ini menunjukan hasil yang memuaskan, hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar dari pemahaman siswa terhadap materi. Hasil Postes dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I dengan persentase 41,6% pengamatan kerja sama siswa dengan persentase 47% dan siklus II dengan persentase 91,6% dengan pengamatan kerja sama siswa 87%. Dengan demikian, penggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerja sama dan hasil beljar siswa dalam pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat. Kata kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Kerja sama dan Hasil Belajar Siswa Panalungtikan panerapan model Student Team Achievement Division (STAD) kanggo ngaronjatken kerja sama sareng hasil diajar siswa dina mata pangajaran IPS materi masalah-masalah sosial dilingkungan satempat di kelas IV SDN Gumuruh 7/9 dilatar belakangi berdasarkeun hasil observasi awal panalungtikan aya sababaraha masalah dina proses pangajaran IPS dina materi masalah-masalah sosial dilingkungan satempat, diantarana nyaeta tina proses pambelajaran, kurangna kerja sama siswa upami pambelajaran dijieun ka lebet kelompok, tugas nu dipasihan guru ngan dikeurjakeun sabagian siswa, saterusna pambelajaran masih museur ka guru (teacher centered), sahingga siswa kurang termotivasi kanggo ngiringan kagiatan pambelajaran, akibatna hasil diajar siswa nurun. Hal ieu dibuktikeun ku pretes siswa dina siklus I sareng katuntasan 20,8% jeung siklus II sareng katuntasan 41,65%. Kumargi, perlu dilakukeun parubahan dina ningkatkeun hasil diajar, nyaeta sareng ngagunakeun model Student Team Achievement Division (STAD) ieu nekankeun interaksi siswa dina kelompok. Hasil panalungtikan ieu nunjukeun hasil anu nyugemakeun , hal ieu katingali dina paningkatan hasil diajar sareng pamahaman siswa kanu materi. Hasil postes dina satiap siklus ngalaman paningkatan. Katuntasan diajar siswa dina siklus I sareng persentase 41,6% pangamatan kerja sama siswa sareng persentase 47% sareng siklus II persentase 91,6% pangamtan kerja sama siswa 87%. Sareng demikian, panggunaan model Student Team Achievement Division (STAD) tiasa ningkatkeun kerja sama sareng diajar siswa dina pambelajaran IPS materimasalah-masalah sosial dilingkungan satempat. Kata kunci: Student Team Achievement Division (STAD), Kerja sama jeung hasil diajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 12:45 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 12:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8986 |
Actions (login required)
View Item |