“PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS”

KIKI RIZKI, 115060221 (2016) “PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS”. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
cover kiki.docx

Download (44kB)
[img] Text
lembar pengesahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
moto & prsembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
keaslian skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (25kB)
[img] Text
abstrak bhs inggris.docx

Download (25kB)
[img] Text
kata pengantar.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
ucapan terimakasih.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
daftar isi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (34kB)
[img] Text
bab 2.docx

Download (103kB)
[img] Text
bab 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
bab 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
Bab 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (17kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksankaan dengan tujuan untuk menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Standar Kompetensi 1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi. Kompetensi Dasar 1.3 Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat di sekolah dasar khusunya pada kelas IV. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan masalah dengan kegiatan observasi di kelas IV SDN Cijagra 05 Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung yang menggambarkan kurangnya sikap percaya diri dalam pembelajaran sehari-hari yang menimbulkan peserta didik menjadi kurang kondusif dan pembelaran lebih terpacu kepada guru sehingga berujung pada kurangnya hasil belajar yang sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penulis menerapkan model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together dengan harapan dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa sebagai imbasnya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Cijagra 05 Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung yang berjumlah 30 peserta didik. Alat pengumpul data berupa soal pretest dan postest yang berkaitan dengan materi sumber daya alam kita. Lembar Kerja Siswa serta wawancara siswa. Perhitungan data dilakukan dengan menghitung hasil tes dan nilai afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together pada silus I, pretes memperoleh rata-rata 50,83 presentase ketuntasan 26,66%. Postest memperoleh rata-rata 67,66 presentase ketuntasan 60%. Selanjutnya siklus II pretest memperoleh rata-rata71,66 presentase ketuntasan 73,33% postest memperoleh rata-rata 89,16 presentase ketuntasan 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Cooperative Learning Type Numbered Heads Together mampu menumbuhkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penggunaan model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan dalam semua pembelajaran SD

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Aug 2016 13:48
Last Modified: 12 Aug 2016 13:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8644

Actions (login required)

View Item View Item