PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Dilakukan Pada Siswa Kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung)

MEGA AYU UTAMI, 125060099 (2016) PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Dilakukan Pada Siswa Kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model inkuiri yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung dalam pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi komunikasi. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa langsung sehingga tidak menarik minat siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan ketentuan satu siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan, secara keselurahan telah menunjukkan adanya peningkatan prose pembelajaran. Data yang diperoleh pada rencana pelaksanaan siklus I memperoleh persentase 72,5%, siklus II 88,75%. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran siklus I 73,33%, siklus II 84,96%. Adapun nilai motivasi siswa memperoleh presentase siklus I 72,2%, siklus II 81,6%. Untuk hasil belajar memperoleh presentase nilai siklus I 52% dan siklus II 80%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung dalam pembelajaran IPS pada matari perkembangan teknologi komunikasi. Kata Kunci : Inkuiri, Motivasi, Hasil Belajar, Materi Perkembangan teknologi komunikasi dan Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Sep 2016 15:02
Last Modified: 03 Sep 2016 15:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8589

Actions (login required)

View Item View Item