Winda Andria Febrianti, 115060214 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PERCAYA DIRI SERTA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER SKRIPSI.docx Download (20kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
Surat Pernyataan.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
ABSTRAK.docx Download (19kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (47kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (101kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
|
Text
Dapus dan Sumber.docx Download (16kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP PENULIS.docx Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Jatayu Kecamatan Cicendo Kota Bandung. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah-masalah yang terdapat dalam pembelajaran IPA salah satunya yaitu guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional pada materi “Organ Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan dan Kesehatan”. Sehingga siswa kurang aktif dan tidak tumbuh sikap rasa ingin tahu dan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran IPA, selain itu hasil belajar siswa juga kurang maksimal untuk mencapai KKM 76. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan percaya diri serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA melalui model pembelajaran Inquiry Terbimbing.. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan persentase sikap rasa ingin tahu 62,0%, sikap percaya diri 50,9%. Pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sikap rasa ingin tahu 86,2%, percaya diri 87,4%. Dan siswa sudah menunjukan sikap rasa ingin tahu dan percaya diri. Selain itu, hasil belajar siswa juga menunjukan peningkatan yaitu pada siklus I yang tuntas dalam mencapai KKM yaitu 51,8%, dan Belum Tuntas 48,1%. Pada siklus II menjadi lebih baik nampak dari tiap pertemuannya memiliki hasil yang sangat baik yaitu siswa yang mencapai Tuntas sebesar 89,7% sedangkan yang Belum Tuntas 10,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Terbimbing dapat menumbuhkan sikap rasa ingin tahu dan percaya diri serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, rasa ingin tahu, percaya diri dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 17:26 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 17:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8240 |
Actions (login required)
View Item |