SUSI SYAMSIAH, 125060969 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
Cover Skripsi Kls 4.docx Download (51kB) |
|
Text
Daftar Isi dan Lain-lain Kls 4.docx Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
BAB I kls 4.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB II kls 4.docx Download (57kB) |
|
Text
BAB III kls 4.docx Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
|
Text
BAB IV kls 4.docx Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
Text
BAB V kls 4.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.docx Download (20kB) |
|
Text
Daftar Riwayat Hidup.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil ulangan harian siswa secara klasikal masih dibawah standar KKM pada mata pelajaran IPS di kelas IV pada topik membaca peta lingkungan setempat. Kurangnya minat belajar bagi peserta didik mempengaruhi rendahnya hasil belajar. Alternatif pemecahan masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa diterapkan model pembelajaran Make A Match. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS topik bahasan membaca peta lingkungan setempat pada siswa kelas IV SDN Batununggal 3. Objeknya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Batununggal 3 Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Taggart. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar kerja siswa, lembar observasi penilaian RPP dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 31 Agustus 2015 dengan prosedur yang terbagi dalam tiga tahap kegiatan pada satu putaran (siklus), yaitu : perencanaan - tindakan dan observasi - refleksi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa hasil belajar siswa di setiap siklus mengalami peningkatan dalam mencapai KKM, yaitu pada siklus ke I siswa yang tuntas mencapai KKM berjumlah 21 siswa atau 61,8%, pada siklus ke II siswa yang tuntas mencapai KKM menjadi 25 siswa atau 73,5%, sedangkan di siklus ke III siswa yang tuntas mencapai KKM menjadi 30 siswa atau 88,2%. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dapat meningkat. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar dan bagi peneliti selanjutnya yang menggunakan metode ini, upayakan untuk mengarahkan siswa dalam mencari pasangannya serta berikan motivasi pada siswa, agar hasil diperoleh dapat maksimal. Kata kunci : Model pembelajaran Make A Match, hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 13:08 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 13:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/8207 |
Actions (login required)
View Item |