Shandi Yoga Fadilla, 215060060 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SDN 029 CILENGKRANG KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) |
||
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SDN 029 Cilengkrang Kota Bandung yang berada di bawah KKTP sebesar 70, karena proses pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Sampel penelitian terdiri atas 27 orang peserta didik di kelas eksperimen dan 27 orang peserta didik di kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar (pretest dan posttest) yang dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, ujit dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan uji-t untuk nilai rata-rata pretest di kedua kelas sebesar 0,148 berdasarkan nilai sig > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh model PBL berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS kelas V di SDN 029 Cilengkrang Kota Bandung. Sedangkan untuk hasil uji-t pada nilai rata-rata posttest dikedua kelas sebesar 0,000 berdasarkan nilai sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berati terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar IPAS kelas V di SDN 029 Cilengkrang Kota Bandung. Untuk uji effect size menghasilkan 1,796 yang memiliki effect yang besar. Hasil lembar observasi aktivitas peserta didik menunjukkan persentase sebesar 79,5% pada kelas eksperimen dan 73% pada kelas kontrol yang berarti hasil tersebut memiliki kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh model PBL berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar IPAS Kelas V SDN 029 Cilengkrang Kota Bandung memiliki pengaruh yang besar. Kata kunci: Problem Based Learning, Wordwall, Hasil belajar, IPAS, SD.
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 06:08 |
| Last Modified: | 11 Nov 2025 06:08 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
