PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PENGALIRAN IMAJI BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA TUNAS BARU CIPARAY

Oktaviani Rd. Mira Putri, 205030061 (2025) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PENGALIRAN IMAJI BERBANTUAN MEDIA POHON PINTAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA TUNAS BARU CIPARAY. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan peneliti pada Peserta Didik Kelas X SMA Tunas Baru Ciparay rendahnya diantaranya kemampuan menulis puisi peserta didik akibat metode pembelajaran yang konvensional dan kurang menarik serta pendidik menghadapi kesulitan yang sama dengan kemampuan menulis secara umum. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi menggunakan metode pengaliran imaji pada peserta didi kelas X SMA. Selain itu, Untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas X SMA dalam menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan metode pengaliran imaji. Terakhir, Untuk mengatahui keefektifan metode pengaliran imaji yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menerapkan metode penelitian tindakan kelas. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Dalam penelitian ini, digunakan desain Kelompok Kontrol yang Tidak Setara. Desain ini mencakup adanya kelompok kontrol, namun tidak sepenuhnya mampu mengendalikan variabel eksternal yang dapat memengaruhi hasil eksperimen. Hasil penelitian Hasil pretes menunjukkan skor rata-rata 53,71, nilai maksimum 80, nilai minimum 30, dan simpangan baku 14,108. Di sisi lain, hasil postes menunjukkan skor rata-rata 93,14, simpangan baku 6,652, nilai maksimum 100, dan nilai minimum 80. Hasil pretes dan postes kelas kontrol juga tersedia. Hasil pretes menunjukkan skor ratarata 50,71, maksimum 75, minimum 30, dan deviasi standar 12,316. Di sisi lain, hasil postes menunjukkan skor rata-rata 66,71, maksimum 90, minimum 45, dan deviasi standar 11,111. Artinya terdapat peningkatan pada Peserta Didik Kelas X SMA Tunas Baru Ciparay dalam pembelajaran menulis puisi setelah penggunaan metode pengaliran imaji berbantuan media pohon pintar. Kata Kunci: Media Pohon Pintar, Metode Pengaliran Imaji, Pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 05 Nov 2025 03:53
Last Modified: 05 Nov 2025 03:53
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81699

Actions (login required)

View Item View Item