Astuti,Nurul, 215060031 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III (Metode Quasi Eksperiment Kelas III SDN 038 Kiaracondong). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (897kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (678kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, membuat peserta didik merasa bosan, karena guru menjelaskan peserta didik menulis lalu mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, hal itu berdampak pada kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran, dan menyebabkan peserta didik malas dan menganggap pembelajaran IPAS itu tidak menyenangkan dan berdampak pada hasil belajar IPAS. Penelitian memiliki tujuan untuk memperolah informasi apakah terdapat gambaran, perbedaan, peningkatan, dan sebesar apa pengaruh kelas yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan canva. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan kuasi eksperimen (quasi experimental). Sampel dalam penelitian adalah kelompok peserta didik kelas IIIA dan IIIB dalam pembelajaran IPAS SDN 038 Kiaracondong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan gambaran proses pembelajaran menunjukkan gambaran proses pembelajaran dengan model PBL berbantuan Canva berjalan dengan sangat baik dengan rata-rata observasi guru kelas eksperimen 88,25% kategori sangat baik, kelas kontrol 88% kategori sangat baik dan rata-rata observasi peserta didik kelas eksperimen 83% kategori sangat baik, kelas kontrol 81,5% kategori sangat baik. Terdapat perbedaan yang rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas berdasarkan uji Independent sample t-test dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan N-Gain 58, 1415 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan N-Gain -13,2155, dan pengaruh model PBL berbantuan Canva sangat besar dengan hasil effect size 1,22 kategori effect besar. Dengan demikian, model PBl berbantuan Canva terbukti efektif meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik kelas III SD. Kata Kunci: Problem based learning (PBL), Canva, Hasil belajar.
| Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
|---|---|
| Subjects: | S1-Skripsi |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2025 |
| Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:10 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:10 |
| URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
