PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sinulingga,Risna Br, 215060018 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 042 Gambir Kota Bandung dikarenakan pendekatan pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode konvensional yang kurang menarik dan minimnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Sehingga menyebabkan peserta didik sebagai penerima materi tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran model Discovery Learning berbantuan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SDN 042 Gambir Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe Quasi eksperimen dan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari 56 orang, sampel yang diambil dengan teknik Purposive Sampling, yaitu 34 orang. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA sebanyak 17 orang sebagai eksperimen yang menggunakan perlakuan berupa model Discovery Learning berbantuan Wordwall dan kelas IVB sebanyak 17 orang sebagai kontrol yang menggunakan perlakuan berupa model pembelajaran Direct Instructional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, lembar observasi serta hasil pretest dan posttest sebanyak 15 butir soal. Dari pertemuan satu sampai tiga guru memperoleh nilai rata-rata sebesar 95,9 dengan kategori sangat baik. Selanjutnya berdasarkan observasi aktivitas peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,7 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Discovery Learning berbantuan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SDN 042 Gambir dengan materi wujud zat dan perubahannya. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji-t kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,022 lebih kecil dari (<) 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan model Discovery Learning berbantuan aplikasi Wordwall terhadap hasil belajar IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Hasil uji effect size dengan rumus nilai Cohend’s pada point Estimate sebesar 0,825 dengan kategori sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan aplikasi Wordwall berpengaruh terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SDN 042 Gambir. Kata Kunci: Discovery Learning, Wordwall, hasil belajar, IPAS, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:56
Last Modified: 04 Nov 2025 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81693

Actions (login required)

View Item View Item