EFEKTIVITAS METODE POINT COUNTER POINT PADA KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI DALAM MENGUNGKAPKAN GAGASAN DAN PENDAPAT TERHADAP TEKS DISKUSI KELAS X SMA KARTIKA XIX -I BANDUNG TAHUN AJARAN 2024/2025

Nuraisah Anisa, 215030013 (2025) EFEKTIVITAS METODE POINT COUNTER POINT PADA KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI DALAM MENGUNGKAPKAN GAGASAN DAN PENDAPAT TERHADAP TEKS DISKUSI KELAS X SMA KARTIKA XIX -I BANDUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas metode Point Counter Point terhadap kemampuan menginterpretasi dan mengungkapkan gagasan serta pendapat dalam teks diskusi pada peserta didik kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Kelas eksperimen menggunakan metode Point Counter Point, sementara kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui prates dan pascates. Hasil menunjukkan bahwa kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata dari 64,17 menjadi 85,00 (kenaikan 32,47%), sedangkan kelas kontrol meningkat dari 55,50 menjadi 62,67 (kenaikan 12,92%). Uji Wilcoxon dan Mann–Whitney menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas.Dengan demikian, metode Point Counter Point terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menginterpretasi dan mengungkapkan gagasan serta pendapat pro dan kontra dalam teks diskusi. Kata kunci: Point Counter Point, teks diskusi, interpretasi, gagasan, pendapat.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 28 Oct 2025 03:32
Last Modified: 28 Oct 2025 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/81625

Actions (login required)

View Item View Item