IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP

Ismi Pamungkassari, NPM. 138060119 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DALAM MENGATASI KECEMASAN MATEMATIKA DAN MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
abstract.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB 1 mi.docx

Download (54kB)
[img] Text
BAB II mi.docx

Download (46kB)

Abstract

ABSTRACT Ismi Pamungkassari. Implementation of Kooperatif Learning Type Spontaneous Group Discussion (SGD) in Contend Mathematics anxiety and raise of Students Creative Mathematics Thinking Ability in Lower Secondary School. The mix methode type embedded design research is purpose to find : a) contradiction creative math thinking ability, b) contradiction math anxiety, c) correlation between math anxiety with thinking creative math. Population in this research is students grade VII SMPN 1 Jatisari, instrumen in this reasecrh is test ant non-test. The result of this reasearh show that the creative thinking math ability students which using conventional learning models is better. Student using cooperative learning type SGD, the ability is lower than students using konventional learning models. Student using cooperative learning type SGD have average level anxiety, and the student using conventional learning models have severe level anxiety. Have correlation between anxiety math with creative math thinking ability wich use cooperative learning type SGD. Keyword : Kooperatif Learning Type Spontaneous Group Discussion (SGD), Mathematics anxiety, Creative Mathematics Thinking Ability. ABSTRAK Ismi Pamungkassari. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) dalam Mengatasi Kecemasan Matematika dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Masyarakat beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, membosankan, menjenuhkan, atau bahkan menakutkan. Merasa cemas, khawatir dan tidak nyaman saat belajar matematika. Salah satu kemampuan yang menunjang dan harus dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Berdasarkan hasil observasi, ternyata antusisme siswa sangat baik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe SGD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji : a) Perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) dan konvensional. b) Perbedaan tingkat kecemasan matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) dan konvensional. c) Korelasi antara kecemasan matematika dengan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini adalah penelitian Mix Method tipe The Embedded Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Jatisari, dan sampel dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes kemampuan bepikir kreatif matematis dan soal non-tes berupa angket kecemasan dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa : Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD). Siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) mengalami tingkat kecemasan sedang dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional mengalami tingkat kecemasan berat. Terdapat korelasi antara kecemasan matematika dengan kemampuan berpikir kreatif matematis yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD). Sedang untuk pembelajaran konvensional tidak terdapat korelasi antara kecemasan matematika dengan kemampuan berpikir kreatif matematis. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion (SGD), Kemampuan Berpikir kreatif, Kecemasan Matematika.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 Mar 2016 09:13
Last Modified: 04 Jun 2016 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/813

Actions (login required)

View Item View Item