PERAN HABITS OF MIND IMTAQ ASMAUL HUSNA DA LAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA ( Studi Kasus kelas VIII di SMPN 2 Pangkalan Kab. Karawang )

Firdaus Reihan, 215010019 (2025) PERAN HABITS OF MIND IMTAQ ASMAUL HUSNA DA LAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA ( Studi Kasus kelas VIII di SMPN 2 Pangkalan Kab. Karawang ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
8. ABATRACT.pdf

Download (66kB)
[img] Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (300kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya karakter disiplin peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Kurangnya kesadaran peserta didik dalam menjalankan aturan sekolah, seperti ketidaktertiban membaca Asmaul Husna sebelum pelajaran dimulai dan sikap acuh terhadap kedisiplinan, menjadi alasan perlunya pendekatan berbasis nilai religius dan intelektual. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana peran, pelaksanaan, serta hambatan dan solusi dari penerapan Habits of Mind berbasis Imtaq melalui pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter disiplin peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilaksanakan di SMPN 2 Pangkalan, Kabupaten Karawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan membaca Asmaul Husna dapat membentuk pola pikir reflektif dan kebiasaan baik yang mendukung sikap disiplin. Peserta didik menjadi lebih tertib, sopan, dan bertanggung jawab. Hambatan yang ditemukan adalah kurangnya kesadaran peserta didik dan lemahnya pengawasan. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan teladan, penguatan rutin, dan kerja sama dengan orang tua. Dengan demikian, Habits of Mind Imtaq Asmaul Husna terbukti efektif dalam meningkatkan karakter disiplin peserta didik. Kata kunci: Habits of Mind, Imtaq, Asmaul Husna, Disiplin, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Oct 2025 08:31
Last Modified: 13 Oct 2025 08:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80561

Actions (login required)

View Item View Item