PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP MINAT SISWA BERSEKOLAH DI SMK PLUS AL-AITAAM DI KABUPATEN BANDUNG

Mutia, Shaly Rahma (2025) PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP MINAT SISWA BERSEKOLAH DI SMK PLUS AL-AITAAM DI KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
BAB II.docx

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx

Download (17kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (84kB)
[img] Text
ABSTRAK 3 BAHASA.docx

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (44kB)

Abstract

SMK Plus Al-Aitaam merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan swasta yang berlokasi di Jl. Ciganitri, No.08, Cipagalo, Kec.Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Diketahui bahwa terdapat masalah sehubungan dengan minat siswa, khususnya terkait informasi mengenai sekolah yang belum sepenuhnya tersebar luas dan kecendrungan siswa masih lebih memilih sekolah negeri. Tujuan penelitian inidilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi promosi terhdap minat diswa bersekolah di SMK Plus Al-Aitaam. Metode penelitian ynag digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan penyebaran angket atau kuesioner kepada 71 responden. Teknik analisis data yang digunakan diantaranya uji validitas, uji reabilitas, regresi linier sedderhana, korelasi rank spearman, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi (X) terhadapa minat siswa (Y) memiliki pengaruh positif yang signifikan. Besarnya pengaruh variabel strategi promosi (X) terhadap minat siswa (Y) adalah sebesar 26,4%, sedangkan sisanya sebesar 73,6%, dipengaruhi variabel lain atau variabel diluar penelitian. Saran yang dapat peneliti kemukakan yaitu, sebaiknya pihak sekolah perlu mengoptimalkan keterlibatan alumni dalam kegiatan promosi serta memperkuat branding sekolah melalui berbagai media, agar citra sekolah semakin menarik dan mampu menjadi pilihan prioritas bagi calon siswa. Kata Kunci: Strategi Promosi, Minat Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2025
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:31
Last Modified: 06 Oct 2025 04:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80373

Actions (login required)

View Item View Item