HANDAYANI LITA, 185060155 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Eksperimen di SDN 251 Jamika Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi belajar siswa, yang berdampak pada hasil belajar dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Media audio visual diyakini mampu meningkatkan perhatian, minat, serta partisipasi aktif siswa di kelas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experiment). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 251 Jamika Kota Bandung tahun ajaran 2024/2025. Penelitian melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen (V.A) yang mendapatkan perlakuan pembelajaran menggunakan media audio visual dan kelas kontrol (V.B) yang tidak menggunakan media audio visual, masing-masing terdiri dari 16 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar siswa dengan 40 butir pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian pretest dan posttest pada kedua kelas. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 62,92 menjadi 71,19, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 61,73 menjadi 68,08. Data juga diuji normalitas dan homogenitasnya menggunakan SPSS versi 26, dan hasil menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menggunakan paired sample ttest menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian, media audio visual terbukti efektif sebagai alternatif strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Metode Kuantitatif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 02:04 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 02:04 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |