UFRAIRA DIVA BALQIS, 215060125 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
11. BAB II.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
12. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
![]() |
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
![]() |
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem based learning (PBL) yang dibantu dengan aplikasi Canva terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III di sekolah dasar dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model Problem based learning (PBL) dengan bantuan aplikasi Canva dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Desain Penelitian ini adalah peserta didik kelas III di sekolah dasar. Metode yang digunakan pada Penelitian ini yaitu kuantitatif eksperimen dengan jenis Penelitian Quasi Eksperimen. Desain Penelitian Preteset – Postest Only Group Design. Populasi Penelitian ini sebanyak 60 peserta didik. Sebanyak 30 dipilih sebagai sampel yang di tentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yakni pilihan ganda dan observasi. Peserta didik yang belajar menggunakan model PBL dan aplikasi Canva menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan solusi terhadap masalah yang diberikan. Selain itu, kolaborasi antar peserta didik dalam kelompok juga meningkat, yang berkontribusi pada pengembangan keterampilan sosial dan komunikasi mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model Problem based learning (PBL) yang didukung oleh teknologi, seperti aplikasi Canva, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, disarankan agar guru dan sekolah menerapkan model pembelajaran ini secara lebih luas untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan. Kata Kunci : Problem based learning (PBL), Canva, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 01:57 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 01:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |