AKMAR NURI NUR, 215060036 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS. (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cibeber Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (600kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (544kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantuan media Canva terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) khususnya materi Tumbuhan Sumber Kehidupan di Bumi di kelas IV SDN Cibeber Kabupaten Bandung Barat. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar IPAS siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi model pembelajaran dan media yang digunakan dalam proses belajar mengajar, kondisi kelas yang kurang kondusif, dan kurangnya kerja sama antar teman sejawat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang berjumlah 56 orang, yaitu IV A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantuan media Canva dan IV B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Instrument tes yaitu pemberian soal pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda, sementara non tes berbentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t independen, diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelas. Selain itu, hasil perhitungan effect size sebesar 1,399 termasuk dalam kategori sangat besar. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model STAD berbantuan media Canva berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV A SDN Cibeber Kabupaten Bandung Barat. Kata kunci: Model STAD, media canva, hasil belajar, pembelajaran IPAS.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 01:49 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 01:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |