NURFAZRIYAH NADIA, 185060141 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN MEDIA WORDWALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V di SDN Gadis 01 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1.COVER.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
6.ABSTRAK.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
8.BAB I.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
9.BAB II.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
10.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
![]() |
Text
11.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
12.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
![]() |
Text
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (109kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran matematika dan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas V di SDN Gadis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran proses, (2) perbedaan hasil kemampuan pemahaman matematis dan (3) pengaruh model cooperative tipe TGT (Team Games Tournament) berbantuan media wordwall terhadap kemampuan pemahaman matematis. Subjek penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas VA dan 25 peserta didik kelas VB. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desaian penelitian menggunakan non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gambaran umum proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model cooperatif learning tipe TGT berbantuan media wordwall melalui tahap presentasi, tahap tim, tahap game dan tahap tournament serta bantuan media wordwall yang digunakan pada tahap tournament di kelas V SD mengalami peningkatan dalam setiap tindakannya. Berdasarkan rata-rata aktivitas guru di kelas eksperimen yang mencapai 95,4% (Sangat baik) dan rata-rata aktivitas siswa di kelas eksperimen sebesar 89,4% (Sangat baik). Sebagai perbandingan, di kelas kontrol, rata-rata aktivitas guru adalah 86,8% (Sangat baik) dan rata-rata aktivitas siswa adalah 75% (Baik). Model cooperative tipe TGT (Team Games Tournament) menciptakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk bekerjasama memahami materi pembelajaran dan meningkatkan kemampuan pemahaman matematisnya serta penerapannya perlu dilakukan dengan adanya penguatan terhadap motivasi belajar, bimbingan dan adanya reward and punishment. (2) Berdasarkan hasil uji independent sample t test dihasilkan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan pemahaman siswa pada kelas yang diberikan treatment model cooperatife learning tipe team games tournament berbantuan media wordwall dengan kelas yang menerapkan model konvensional. (3) Penggunaan model cooperative tipe TGT berbantuan media wordwall memiliki pengaruh yang tinggi terhadap meningkatnya kemampuan pemahaman matematis siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji effect size 1,935 yang termasuk pada kriteria tinggi. Kata Kunci : Pemahaman Matematis, Model Cooperative Tipe Team Games Tournament Berbantuan Media Wordwall
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 06 Oct 2025 01:29 |
Last Modified: | 06 Oct 2025 01:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/80343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |