PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA SCRATCH TERHADAP PЕМАНАMAN KONSEP IPAS SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment Kelas V di SDN 199 Sayuran)

SUNARYA,DODI, 215060150 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA SCRATCH TERHADAP PЕМАНАMAN KONSEP IPAS SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment Kelas V di SDN 199 Sayuran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DODI SUNARYA TTD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep IPAS peserta didik di SDN 199 Sayuran Kota Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Scratch dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvesional, perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep IPAS menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Scratch dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Scratch terhadap kemampuan pemahaman konsep IPAS peserta didik kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Scratch dan model pembelajaran Konvensional yang berjalan lancar sesuai sintaks. Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep IPAS yang menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh pada penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Scratch dengan nilai 0,574 dalam uji effect size dengan kategori sedang. Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), Media Scratch, Kemampuan Pemahaman Konsep IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:44
Last Modified: 02 Oct 2025 08:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78853

Actions (login required)

View Item View Item