Kapan,Fransiska, 185060101 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD INPRES KWAMKI 1 TIMIKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (770kB) |
![]() |
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (497kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru saja dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang maksimal, sehingga menyebabkan siswa tidak dapat merumuskan masalah, menganalisis argumen, menanyakan dan menjawab pertanyaan pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Bases Learning terhadap hasil belajar siswa kelas III. Penelitian ini mengunakan model penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen. Dengan penelitian yang digunakan pretest dan posttest control qroup design. Sampel penelitian ini yang siswa kelas III-A dan siswa kelas III-B SD Inpres Kwamki I Timika Papua yang mansing-mansing berjumlah 15 orang. Instrumen penelitian mengunakan pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda 25 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas. Uji t, dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata - rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Nilai rata - rata kelas eksperimen yaitu 85 dan nilai rata - rata kelas kontrol 70. hasil perhitungan yang telah dilakukan maka dapat disimpulakan bahwa penggunaan model Problem Based Learning sangat berpengaruh, terlihat dari hasil uji N-gain yang telah dilakukan yaitu pembagian skor N-gain mencapai 0,71 % termasuk dalam katagori peningkatan kemampuan belajar siswa efektif. terbagi dalam kelas eksperimen (Problem- Based Learning ) dan kelas kontrol (metode konvensional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem-Based Learning secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Uji statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest kedua kelompok dengan nilai signifikansi p = 0,000. Nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,71, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,16. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model Problem-Based Learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan direkomendasikan untuk diterapkan di tingkat sekolah dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:07 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:07 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |