PENGGUNAAN E-MODUL HEYZINE BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI EKOSISTEM

NISRINA RIRI, 215040045 (2025) PENGGUNAAN E-MODUL HEYZINE BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI EKOSISTEM. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Namun, pembelajaran di kelas belum sepenuhnya mengarahkan siswa untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan e-modul Heyzine berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi ekosistem. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan model one-group pretest-posttest diterapkan pada 35 peserta didik kelas X-1 SMAN 15 Bandung. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan berpikir kreatif yang mencakup empat indikator: fluency, flexibility, originality, dan elaboration, serta angket respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kreatif, dengan rata-rata nilai posttest sebesar 83,4. Uji paired t-test menunjukkan nilai signifikansi < 0,05 dan nilai N-Gain sebesar 0,6496 (kategori sedang). E-modul ini cukup efektif meningkatkan berpikir kreatif melalui fitur interaktif, tugas berbasis masalah, dan pembelajaran kontekstual. Angket respons menunjukkan nilai keseluruhan persepsi e-modul sangat baik (79,25%), pengalaman belajar (77,13%) baik, serta kontribusi pada kreativitas (76,25%) sangat baik. Dengan demikian, E-Modul Heyzine berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) cukup efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui kegiatan diskusi, penyusunan solusi, dan pengembangan ide dalam poster digital. Kata Kunci: E-modul Heyzine, Contextual Teaching and Learning (CTL), Berpikir Kreatif, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 30 Sep 2025 01:34
Last Modified: 30 Sep 2025 01:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78668

Actions (login required)

View Item View Item