PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Islean Kylapina Frisya, 215060097 (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (261kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3. Lembar Penguji.pdf

Download (667kB)
[img] Text
7. Abstrak.pdf

Download (270kB)
[img] Text
8. Abstract.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. Ringkesan.pdf

Download (270kB)
[img] Text
11. Bab I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
12. Bab II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
14. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (261kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena hasil observasi yang memperlihatkan rendahnya hasil belajar siswa-siswi kelas IV pada pelajaran IPAS di SD Nugraha. Tujuan utama adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Nugraha. Digunakannya model pembelajaran tersebut karena TGT merupakan salah satu model kooperatif yang mengintegrasikan elemen permainan dan kompetisi dalam proses belajar, sehingga meningkatkan keterlibatan siswa, kolaborasi, dan pemahaman konsep. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV A dan IV B di SD Nugraha dengan sampel yang dipilih menggunakan teknik saturated sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa Pilihan Ganda dan Drag the Words serta instrumen non-tes yang berupa lembar observasi dan lembar angket. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui instrumen tes berupa pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rerata (uji-t) dan uji hipotesis untuk melihat apakah terdapat perbedaan yang signifikan diantara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil menunjukkan bahwa kelompok TGT kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol (p<0,05), dengan kenaikan rata-rata 48% pada kelas eksperimen sementara kelas kontrol sebesar 36%. Uji hipotesis menggunakan kesamaan dua rerata yang menunjukkan nilai 0,030<0,05 sehingga H1 diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan pada rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif Tipe TGT berbantuan media Klasmart dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa-siswi kelas IV SD Nugraha. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Pendidikan IPAS, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:46
Last Modified: 29 Sep 2025 07:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78650

Actions (login required)

View Item View Item