PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

SULAIMAN MAURA AULIA, 215060148 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text
PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (209kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (171kB)
[img] Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) untuk mengetahui bagaimana gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yang berbantuan aplikasi Wordwall dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. (2) untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar, (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, (4) serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PjBL berbantuan aplikasi wordwall terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III B dan III C. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini yaitu tes dan non test, Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan bantuan software komputer SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan model PjBL berbantuan wordwall berjalan dengan baik dan sesuai tahapan. Uji independent sample t-test pada data pretest menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,062, sementara hasil posttest diuji menggunakan uji Mann-Whitney dengan nilai signifikansi 0,034. Hasil perhitungan gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan sebesar 59% pada kelas eksperimen dan 52% pada kelas kontrol. Selain itu, nilai effect size sebesar 0,65 menunjukkan pengaruh yang sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbantuan aplikasi Wordwall tidak hanya dapat diterapkan dengan baik, tetapi juga mampu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model Project Based Learning, Hasil Belajar Matematika, Wordwall

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2025 07:54
Last Modified: 26 Sep 2025 07:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78610

Actions (login required)

View Item View Item