PUTRI VANIA REZKA, 215060086 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment pada Peserta Didik kelas IV SDN Bojong Salam 01 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi peserta didik di SDN Bojong Salam 01, serta perlunya inovasi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Scrapbook Digital terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi peserta didik SDN Bojong Salam 01. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain none quivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan subjek yang terdiri dari 27 peserta didik kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan 27 peserta didik kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes yang terdiri dari observasi dan dokumentasi, sedangkan tes yaitu pretest dan postest. Gambaran proses pembelajaran menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik yang dibuktikan berdasarkan hasil aktivitas pendidik dan peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen yang meningkat pada pertemuan kesatu hingga keempat. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses pembelajaran berjalan dengan baik, hal ini di tandai dengan terdapat perbedaan, peningkatan, dan pengaruh terhadap hasil pretest postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 62,04 dan meningkat menjadi 83,52 pada postest, sementara kelas kontrol hanya meningkat dari 64,07 menjadi 77,22. Hasil uji-t dari nilai sig sebesar 0,010 yang memiliki nilai kurang dari 0,05. Nilai indeks N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,55 (kategori sedang) dan kelas kontrol 0,37 (kategori sedang). Sedangkan untuk pengaruh model ini dapat dilihat dari hasil uji effect size yang memperoleh nilai sebesar 0,6 yang termasuk kategori besar. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media Scrapbook Digital terhadap keterampilan menulis puisi peserta didik kelas IV SDN Bojong Salam 01. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Puisi, Media Scrapbook Digital, Model Kooperatif Tipe Think Pair Share.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:49 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 06:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |