PENERAPAN GENRE-BASED APPROACH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK MEMAHAMI STRUKTUR TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG

FATILAH SAYUDHA, 215030050 (2025) PENERAPAN GENRE-BASED APPROACH DALAM PEMBELAJARAN MENULIS UNTUK MEMAHAMI STRUKTUR TEKS NEGOSIASI DI KELAS X SMA PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (895kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan pendekatan GenreBased Approach dalam pembelajaran menulis teks negosiasi guna meningkatkan pemahaman struktur teks pada peserta didik kelas X Sekolah Menengah Atas Pasundan 2 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen kuasi, yang melibatkan dua kelompok peserta didik, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan pendekatan Genre-Based Approach dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi konvensional. Data penelitian dikumpulkan melalui beberapa instrumen, yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan menulis teks negosiasi, observasi untuk mengevaluasi proses pembelajaran, serta penilaian terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan utama. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan Genre-Based Approach mencapai nilai rata-rata 3.8, yang dikategorikan sebagai sangat baik. Kedua, kemampuan menulis teks negosiasi peserta didik di kelas eksperimen mengalami peningkatan signifikan dengan rata-rata skor tes akhir sebesar 85.75, jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata skor 77.96. Ketiga, efektivitas pendekatan Genre-Based Approach dibuktikan dengan nilai NGain Score sebesar 65 persen, yang menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Keempat, hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kemampuan menulis teks negosiasi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi dua arah sebesar 0.002 (lebih kecil dari 0.05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan Genre-Based Approach efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi dan dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif serta aplikatif untuk meningkatkan pemahaman struktur teks dan keterampilan menulis peserta didik di tingkat Sekolah Menengah Atas. Kata Kunci: Pendekatan Genre-Based Approach, teks negosiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:12
Last Modified: 25 Sep 2025 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78578

Actions (login required)

View Item View Item