PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV di SDN 092 cibadak andir)

ANISA PUTRI FRISA NUR, 215060038 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas IV di SDN 092 cibadak andir). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
PENGESAHAAN.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berhitung perkalian peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, 2) mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berhitung perkalian 3) mengetahui peningkatan kemampuan berhitung perkalian 4) pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall terhadap kemampuan berhitung perkalian. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ininyaitu kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Dalam penentuan sampelnya penelitian, menerapkan Teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan software IBM SPSS Statistic 2.5 yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t, dan uji hipotesis n-gain ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian, 1) gambaran proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall berjalan dengan baik. 2) terdapat perbedaan kemampuan berhitung perkalian yang signifikan antara hasil posttes kelas eksperimen dan kontrol 3) ada perbedaan peningkatan kemampuan berhitung perkalian dari hasil uji gain yaitu 0.32 kategori sedang dan uji hipotesis gain ternormalisasi. 4) pengaruh peningkatan kemampuan berhitung perkalian dari hasil effect size sebesar 1.64 termasuk dalam kategori besar. Oleh karena itu penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Wordwall memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan berhitung perkalian di SDN 092 Cibadak Andir. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Wordwall, Kemampuan berhitung

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2025 04:18
Last Modified: 24 Sep 2025 04:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78549

Actions (login required)

View Item View Item