Amaliah Natasya, 215060035 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD (Penelitian Quasi Experiment Kelas IV di SDN 060 Raya Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAAN.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran proses pembelajaran, (2) mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar, dan (3) pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar matematika peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV B sebagai kelas kontrol dan kelas IV D sebagai kelas eksperimen. Dalam penentuan sampelnya peneliti, menerapkan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data uji hipotesis menggunakan software IBM Statistics 2.5 yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitiannya yaitu (1) gambaran proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz berjalan dengan baik, (2) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, (3) pengaruh peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dari hasil uji effect size sebesar 1.42 termasuk dalam kategori besar. Oleh karena itu penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik di SDN 060 Raya Barat. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Quizizz, Hasil Belajar Matematika, Peserta Didik SD
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 03:56 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 03:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |