TAZILAH QUMAILLA, 215060117 (2025) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE (PICTURE AND PICTURE) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS II DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment pada Peserta didik Kelas II di SD Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (230kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II SD Pasundan 3 Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Kooperatif tipe Picture and Picture berbantuan media Flashcard terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain nonquivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, dengan subjek 56 peserta didik, terdiri dari kelas IIa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIb sebagai kelas kontrol. Gambaran proses pembelajaran menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. Peneliti menyusun perangkat ajar berupa modul, bahan ajar, LKPD, evaluasi, dan bahan bacaan. Selama pembelajaran berlangsung, suasana kelas sangat kondusif, serta mampu merespon materi dengn baik selama proses pembelajaran. Setelah menerapkan model ini menunjukan adanya peningkatan dalam keterampilan membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 52,41 meningkat menjadi 89,01 pada posttest, sedangkan kelas kontrol 46,89 menjadi 63,03. Nilai signifikan uji t-test sebesar 0,75 (<0,05), N-Gain kelas eksperimen 63,76 (kategori sedang), dan effect size 3,0 (termasuk kategori sangat besar). Hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe picture and picture berbantuan media flashcard terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas II SD Pasundan 3 Bandung. Kata Kunci: model kooperatif tipe picture and picture, media flashcard, keterampilan membaca permulaan, sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 08:48 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 08:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78527 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |