KIRANI BELLA NOVIA, 205040097 (2025) PENERAPAN MODEL SEMINAR SOCRATES 1212 BERBASIS STUDI KASUS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (500kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (277kB) |
Abstract
Pada era globalisasi, keterampilan komunikasi menjadi kompetensi penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengemukakan pendapat dan berargumentasi di kelas menjadi tantangan dalam mencapai tujuan pembelajaran, khususnya dalam mata pelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran seminar socrates berbasis studi kasus terhadap peningkatan keterampilan komunikasi peserta didik. Metode yang digunakan adalah quasi-eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model seminar socrates berbasis studi kasus, sementara kelas pembanding menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil perolehan nilai N-gain kelas eksperimen didominasi oleh kategori tinggi sebesar 57%, sedang 40% dan rendah 3%, sedangkan kelas pembanding didominasi oleh kategori tinggi sebesar 15% dan sedang sebesar 85%. Tanggapan peserta didik terhadap model ini juga sangat positif, dengan rata-rata respons positif sebesar 98%. Selain itu, 57% peserta didik berada pada kategori peningkatan komunikasi “tinggi”, menunjukkan efektivitas pembelajaran berbasis dialog dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifkan terhadap keterampilan komunikasi berdasarkan uji-t, dengan nilai signifikan α 0,05 yang berarti peningkatan signifikan berada pada tingkat kepercayaan 95%. Kesimpulannya, model seminar socrates terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik secara signifikan. Model ini menciptakan lingkungan belajar yang aktif, kolaboratif, dan reflektif. Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi, Pembelajaran Abad 21, Perubahan Lingkungan, Seminar Socrates, Studi Kasus.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 06:25 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 06:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78508 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |