FENOMENA PENGGUNAAN FITUR ADD YOURS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA GENERASI Z DI INDONESIA

Natasyafitri, Lutfi (2025) FENOMENA PENGGUNAAN FITUR ADD YOURS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA GENERASI Z DI INDONESIA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Surat pernyataan.pdf

Download (167kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (236kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (146kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (273kB)
[img] Text
3. Abstrack 3 bahasa.pdf

Download (210kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (549kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Fenomena Penggunaan Fitur Add Yours Media Sosial Instagram Pada Generasi Z.” Add Yours merupakan fitur interaktif dari Instagram yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam rantai Instagram Stories Add Yours. Berdasarkan laporan Meta Indonesia pada tahun 2022 Add Yours disebut sebagai fitur paling popular dikalangan generasi Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motif, tindakan, makna serta realitas sosial dari fenomena penggunaan fitur Add Yours di kalangan generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan teori fenomenologi dari Alfred Szhutz serta teori konstruksi sosial yang dikembangkan Peter L. Bagger dan Thomas Luckmann. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi sehingga memungkinkan peneliti untuk menggali pemahaman yang mendalam terkait fenomena penggunaan fitur Add Yours dikalangan generasi Z. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa generasi Z memiliki beragam motif dalam menggunakan fitur Add Yours. Motif dalam kemudahan pengunaan fitur, daya tarik dari prompt atau perintah serta banyaknya pengguna lain yang turut mengggunakan fitur ini menjadi motif generasi Z turut berpartisipasi. Tindakan yang dilakukan generasi Z dalam menggunakan fitur Add Youts dapat dikategorikan kedalam tindakan spontan dan tindakan dengan pertimbangan lebih lanjut. Pada tindakan rasional nilai pengguna melalui proses refleksi dan seleksi konten secara cermat yang disesuaikan dengan nilai-nilai yang dimilikinya. Sementara pada tindakan afektif, tindakan pengguna didorong oleh emosi yang timbul karena “kesamaan”. Fitur Add Yours memberi makna sebagi media yang dapat digunakan dalam mengekspresikan diri dengan cara yang menyenangkan dan partisipatif. Pada tahap selanjutnya, generasi Z juga merasa mendapatkan makna validasi sosial dari penggunaan fitur tersebut. Fitur Add Yours telah membangun konstruksi sosial baru, dimana fitur tersebut dapat diterima dan pengkhasannya dapat dikenali oleh generasi Z dan memungkinkan mereka menyesuaikan gaya dalam berkomunikasi. Setelah melakukan penelitian ini, peneliti menyarankan pengguna untuk lebih bijak dalam mengikuti segala tren yang ada, khususnya tren dalam menggunakan fitur Add Yours. Pastikan pengguna untuk hanya mengunggah konten yang dapat dipertanggungjawabkan untuk menghindari efek negatif dari kelalaian dalam pengunaanya. Kata Kunci: Add Yours, Instagram, Generasi Z, Fenomenologi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2025
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:04
Last Modified: 23 Sep 2025 02:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78495

Actions (login required)

View Item View Item