PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA 3 BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN AFIKS DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL

Kusyana Tiara Linza, 215030055 (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIPA 3 BERBASIS KONTEKSTUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN AFIKS DI BANDUNG INDEPENDENT SCHOOL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (15MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Bahan ajar merupakan komponen penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran, sebab bahan ajar yang tepat mampu meningkatkan pemahaman pemelajar terhadap materi yang diajarkan. Dalam praktiknya, pemelajar BIPA 3 di Bandung Independent School mengalami kesulitan dalam memahami materi afiks, terutama dalam membedakan penggunaan afiks me-i dan me-kan. Hal ini disebabkan oleh bahan ajar sebelumnya yang kurang eksplisit dan tidak disusun secara kontekstual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis kontekstual pada materi afiks bagi pemelajar BIPA 3, serta mengetahui kelayakan dan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman afiks. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata nilai dari 82 menjadi 88,67 setelah penggunaan bahan ajar yang dikembangkan. Selain itu, hasil validasi dari dua orang ahli menunjukkan bahwa bahan ajar termasuk dalam kategori “layak digunakan” dengan skor rata-rata 4 (baik). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kontekstual efektif dalam meningkatkan pemahaman afiks pemelajar BIPA dan dapat dijadikan alternatif dalam pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan pemelajar asing. Kata kunci: Bahan Ajar, Pendekatan Kontekstual, Afiks

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Sep 2025 06:26
Last Modified: 19 Sep 2025 06:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78439

Actions (login required)

View Item View Item