Latifah Vina Fazriani, 205060079 (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN Karamatmulya 2). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1.cover.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
2.lembar pengesahan.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
7.abstrak.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
9. bab i.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
10. bab ii.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
11. bab iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
![]() |
Text
12. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
![]() |
Text
13. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
![]() |
Text
14. daftar pustaka.pdf Download (161kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari nilai hasil belajar yang rendah baik di kelas IV A dan Kelas IV B dengan persentase 40% dan 52% yang masih berda di bawah KKM. Hal ini terjadi karena motivasi belajar peserta didik yang rendah, kurangnya model pembelajaran yang digunakan guru selama kegiatan pembelajaran, fokus pembelajaran hanya menyampaikan materi secara monoton tanpa adanya variasi dalam pembelajaran. Penggunaan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPA dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA akan meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalen group desain. Hasil penelitian berdasarkan uji normalitas untuk data pretest pada kelas eksperimen nilai sig. sebesar 0,2 > 0,05 sedangkan untuk data pretest kelas kontrol nila sig. sebesar 0,198 > 0,05 untuk data nilai pretest kedua kelas tersebut artinya data kedua kelas berdistribusi normal, dan uji normalitas untuk data posttest pada kelas eksperimen nilai sig. sebesar 0,2 > 0,05 sedangkan untuk data posttest kelas kontrol nila sig. sebesar 0,2 > 0,05 untuk data nilai posttest kedua kelas tersebut artinya data kedua kelas berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data pretest nilai sig. sebesar 0,883 > 0,05 dan untuk data posttest nilai sig. 0,534 > 0,05 maka data pretest dan posttest di kedua kelas bersifat homogen. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas didapatkan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen maka setelah itu dilakukan uji t dengan uji independent sampel t test nilai sig. (2-tailed) adalah 0,052 > 0,05 maka H˳ diterima dan H₁ ditolak yang berarti bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikat model project based learning terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPA di kelas IV SD. Untuk uji effect size hasil yang didapat 0,741 dengan interpretasi effect besar. Beradasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa model project based learning dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA,karena memiliki pengaruhnya besar. Kata Kunci: project based learning, motivasi belajar, IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |