FITRI SOLIHAT, 215060145 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
2. Pengesahan.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
6. Abstrak.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
7. Abstract.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text
9. Bab I.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
10. Bab II.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
11. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
![]() |
Text
12. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
![]() |
Text
13. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Download (215kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik sekolah dasar pada materi pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Wordwall terhadap peningkatan pemahaman matematis peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall dan kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional melalui ceramah. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian untuk mengukur tingkat pemahaman konsep matematis peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata skor posttest peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 85,87, sedangkan kelas kontrol sebesar 67,31. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar <0,001 yang berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kedua kelas. Selain itu, perhitungan effect size sebesar 2,759 mengindikasikan pengaruh yang besar dari penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Wordwall terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik. Proses implementasi model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Wordwall di kelas eksperimen juga berjalan sangat baik dan sesuai sintaks, dengan peserta didik tampak lebih antusias dan aktif dalam diskusi kelompok maupun saat mengikuti kuis interaktif melalui Wordwall dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik sekolah dasar pada materi pecahan. Oleh karena itu, guru disarankan untuk memanfaatkan model Problem Based Learning (PBL) dengan dukungan media interaktif dalam pembelajaran matematika guna menumbuhkan keterlibatan aktif peserta didik dan memperkuat pemahaman konseptual mereka. Kata Kunci: Problem Based Learning, Wordwall, Pemahaman Matematis, Peserta Didik Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78425 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |