PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Adhyaksa Velia Margaretifera Septia, 215060071 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, disebabkan karena beberapa faktor yang muncul dalam diri peserta didik sendiri, seperti halnya IPAS dianggap sulit sehingga peserta didik merasa takut untuk mempelajarinya, sehingga diperlukan upaya pembaruan untuk meningkatkan capaian belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran yang berlangsung; (2) menganalisis perbedaan rata-rata hasil belajar IPAS peserta didik; (3) mengevaluasi peningkatan hasil belajar IPAS; dan (4) menilai seberapa besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning yang dipadukan dengan media audio visual terhadap pembelajaran IPAS pada materi kegiatan jual beli. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 125 Taruna Karya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment, serta menggunakan desain nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup tes sebanyak 15 butir soal pilihan ganda, serta teknik non-tes seperti observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol; (2) hasil uji rata-rata menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen, dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05; (3) peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen mencapai 57%, sedangkan kelas kontrol meningkat sebesar 55%; dan (4) perhitungan effect size menggunakan rumus Cohen's d menghasilkan nilai sebesar 0,918, yang termasuk dalam kategori efek besar. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung media audio visual memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV di SDN 125 Taruna Karya. Kata Kunci : Problem Based Learning, Audio Visual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 16 Sep 2025 08:54
Last Modified: 16 Sep 2025 08:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78400

Actions (login required)

View Item View Item