PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN KETIB Kab. Sumedang)

Khoirunisa Siti, 205060187 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)BERBANTUAN CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SD (Penelitian Quasi Eksperimen di SDN KETIB Kab. Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (755kB)
[img] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (57kB)
[img] Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (5kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (294kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di SD di Kab. Sumedang mengenai rendahnya pemahaman konsep IPAS kelas V SDN KETIB. Hal ini dikarenakan kurangnya inovasi guru dalam menggunakan model dan media pembelajaran, sehingga mengakibatkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Canva dalam pembelajaran IPAS dapat mempengaruhi motivasi belajar peserta didik sehingga prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS akan meningkat. Metode penelitian yang akan digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian diuji berdasarkan uji normalitas dikelas eksperimen didapatkan nilai sig. sebesar 0,106 > 0,05 dan untuk kelas control didapatkan nilai sig. sebesar 0,014 > 0,05 untuk kedua kelas tersebut artinya data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas didapatkan nilai sig. sebesar 0,617 > 0,05 maka data pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol bersifat homogen dan data posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu nilai sig. 0,534 > 0,05 yang bersifat homogen. Adapun hasil uji hipotesis bahwa Ho > Ha menunjukan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil dari Uji Paired Sample t-test diperoleh hasil nilai signifikan (2-tailed) pada hasil pretest dan posttest dikelas kontrol dan eksperimen yaitu 0,001. < 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Canva untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran IPAS SD. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, media Canva, Pemahaman Konsep, IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:56
Last Modified: 09 Sep 2025 08:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78330

Actions (login required)

View Item View Item