PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Nasional Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025)

FEBRIANTI CINDY, 215020016 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Nasional Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PERNGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (470kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa, pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Design penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design. Proses penelitian ini dilaksanakan di SMA Nasional Bandung yang melibatkan 2 kelas yaitu X-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pretest dan posttest, lembar observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan skor pretest sebesar 44,1 dan skor posttest sebesar 79,54 dimana terjadi peningkatan sebesar 35,43. Sedangkan pada kelas kontrol skor petest sebesar 43,37 dan skor posttest sebesar 62,11, terjadi peningkatan sebesar 16,53. Adapun hasil dari perhitungan effect size sebesar 4,502 yang berarti menunjukan effect kuat. Maka, dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sebagai akhir dari penelitian ini, penulis menyarankan kepada beberapa pihak yang terkait seperti bagi sekolah dapat memberikan kebijakan dan arahan dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas oleh para guru. bagi siswa agar bisa lebih aktif lagi dalam berpikir kritis untuk menyampaikan ide dan gagasannya. bagi peneiti selanjutnya sebagai referensi untuk penelitian sejenis dan lakukan pembaharuan terhadap penelitian yang sudah diteliti. Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Make A Match, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2025 03:18
Last Modified: 09 Sep 2025 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78321

Actions (login required)

View Item View Item