PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment Peserta Didik Kelas IV di SD Pasundan 3 Bandung)

SIHOMBING,PRAKTIKA BERSALINA, 215060144 (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperiment Peserta Didik Kelas IV di SD Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada kelas IV di SD Pasundan 3 yaitu kurangnya kemampuan peserta didik dalam menulis narasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media video animasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperiment nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik di kelas IV SD Pasundan 3 dan sampel yang di gunakan oleh peneliti yaitu kelas IVA yang dimana menjadi kelas eksperimen dan kelas IVB menjadi kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik sampling purposive. Data dikumpulkan melalui hasil pretest, posttest, dan lembar observasi kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji n-gain, dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media video animasi mampu meningkatkan keterlibatan dan aktivitas pendidik serta peserta didik dalam proses pembelajaran. Model ini membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan bermakna, sehingga berdampak positif pada peningkatan keterampilan menulis peserta didik, model discovery learning juga memiliki perbedaan keterampilan menulis narasi dengan peserta didik yang tidak menggunakan model pembelajaran discovery learning, nilai pretest kelas IVA dengan rata-rata yaitu 52,08, sedangkan pada hasil posttest dengan rata-rata yaitu 76,70. Pada kelas IVB dengan nilai pretest rata-rata yaitu 56,79, sedangkan pada hasil posttest rata-rata yaitu 63,54. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning berbantuan media video animasi dan peserta didik yang tidak menggunakan model discovery learning berbantuan media video animasi memiliki peningkatan dengan nilai NGain kelas IVA sebesar 0,52 dikategorikan sedang, sedangkan kelas IVB sebesar 0,10 dikategorikan rendah. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media video animasi memiliki pengaruh dengan nilai effect size sebesar 1,02 dengan kategori tinggi. Kata kunci: discovery learning, video animasi, keterampilan menulis, narasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2025
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:58
Last Modified: 09 Sep 2025 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78320

Actions (login required)

View Item View Item