Rohim, Farhan Apriadi (2025) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK ELEKTRONIK DI BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK DISDUKCAPIL KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
![]() |
Text
1_Cover_Skripsi Farhan.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
11_Bab 1_Skripsi Farhan.pdf Download (555kB) |
![]() |
Text
6_Kata Pengantar_Skripsi Farhan.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
5_Abstrak_Skripsi Farhan.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text
2 _Lembar pengesahan _skripsi_Farhan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
12_Bab 2_Skripsi Farhan.pdf Download (757kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_Skripsi Farhan.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
16_Daftar Pustaka_Skripsi Farhan.pdf Download (500kB) |
Abstract
Implementasi kebijakan pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung merupakan isu yang penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas administrasi kependudukan. e- KTP, sebagai identitas tunggal yang sah, bertujuan untuk meminimalisir duplikasi data dan kesalahan identitas, serta mempercepat proses pelayanan publik. Implementasi kebijakan pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung merupakan isu yang penting dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas administrasi kependudukan. e- KTP, sebagai identitas tunggal yang sah, bertujuan untuk meminimalisir duplikasi data dan kesalahan identitas, serta mempercepat proses pelayanan publik. Kebijakan ini tidak hanya berfungsi sebagai alat identifikasi, tetapi juga sebagai sarana untuk mendukung berbagai program pemerintah, mulai dari pemilihan umum hingga distribusi bantuan sosial. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti ditemukan indikator-indikator masalah sebagai berikut: Tujuan pelaksanaan pendataan belum tercapai, hal ini menunjukkan bahwa efektivitas upaya yang dilakukan belum tercapai secara optimal, Kemauan masyarakat kota bandung untuk berpartisipasi dalam pendataan masih rendah. Masih ada masyarakat yang belum memiliki e- KTP, Lahan yang terbatas, dan alat perekam yang kurang sehingga terjadi antrean panjang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pelayanan e- KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung masih belum optimal. Beberapa faktor penyebabnya meliputi kurangnya pemahaman dari pelaksana kebijakan, rendahnya partisipasi masyarakat dalam pendataan, serta keterbatasan sarana dan prasarana seperti alat perekam dan lahan yang tersedia KataKunci: Kebijakan, Pelayanan E-KTP, Disdukcapil
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2025 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:30 |
Last Modified: | 04 Sep 2025 03:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/78292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |